Sabtu, 29 Oktober 2011

..Khasiat Kopi Untuk Merawat Kulit dan Kecantikan..



Siapa sangka kalau ternyata ada khasiat kopi untuk kulit dan kecantikan disamping untuk diminum. Bahkan di Amerika tahun 2006 sendiri ada lebih dari 140 produk kecantikan wajah dan kulit yang memanfaatkan bahanyang terdapat dalam kopi, yaitu kafein. Produk kecantkan tersebut meningkat dari tahunn ke tahun,tercatat pada tahun 2003 hanya sebanyak 21 saja.
Pada abad ke 20-an, kopi banyak mendapatkan kontroversi baik buruknya, namun saat memasuki abad ke-21, ditemukan banya manfaat kopi, salah satunya adalah untuk kulit dan kecantikan.

Khasiat kopi dan kafein utuk kulit dan kecantkan
Awalnya, kopi dan kafein masuk ke produj kecantkan mellalui produk skin lotion dan cream karena adanya bahan antioksidan dan dapat mengencangkan kulit. Produk terkenal semacam avon dan L’Oreal dilaporkan telah memasukkan kafein dalam beberapa lini produknya.
Selama beberapa tahun, kafein telah digunakan untuk megurag selulit dengan cara mendehidrasi sel—sel lemak dan mengosongkan komponen sel seperti sodium/potassium. Akibatnya, air menghilang juga yang menyebabkan ulit pada bokong dan paha menjadi lebih halus.
Kafein juga mrupakan bahan favorit untuk gel mata yang dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam (panda) disekitar mata serta dapat mengencangkan kulit di sekitar mata, namun perlu diingat bahwa ini tidak menghilangkan masalah di sekitar mata sepenuhnya. Kopi akhirnya juga dapat menjajah produk kecantikan kulit lainnya seperti body scrub, face cream atau bahkan parfum.

Manfaat kopi untuk kulit
Kopi dapat menjaga kkulit tetap sehat dalam beberapa cara, yaitu :
·         Menjaga kulit bebas dari radikal yang berbeda yang menyababkan jerawat, eksim dan penyakit kulit lainnya.
·         Meningkatkan aliran miro-celluar di kulit.
·         Menghancurkan simpanan lemak yang menyebabkan sellulit.
·         Membersihkan kulit dari noda jerawat.
·         Bertindak sebagai tabir surya yang mencegah kulit terbakar dan keriput.
·         Menyerap dan menetralisir bau kuat seperti ikan dan bau lainnya.

Cara mendapatkan khasiat koopi untuk kecantikan
Lalu bagaimana cara mendapatkan khasiat kopi diatas? Kamu punya 2 pilihan, yaitu pergi ke spa untuk perawatan koi atau membuat sendiri ramuan kooi untuk merawat kullit. Berikut adalah beberapa tips untuk menyiapkan kopi sebagai prawatan tubuh :
1.     Gunakan biji kopi untuk menggosok kulit lembab sebelum mandi uap atau mandi sauna. Biji kopi dapat mengelupaskan kulit dan minyaknya dapat melunakkannya.
2.    Ampas kopi dapat digunakan kembali untuk produk kulit :
·         Dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke seluruh wilayah selullit dan bungkus daerah ini dengan plastic. Biarkan selama 5 menit, lepaskan plastic dan basuh dengan air. Ini dapat berguna untuk mengurangi selulit dari tubuh..
·         Dicampur dengan putih telur. Oleskan campuran ini pada kkulit sebagai pengelupas kulit yang lembut.
·         Dicampurkan dengan bubuk coklat dan susu/krim. Gunakan campuran ini sebaga produk perawatan wajah dengan masker wajah kopi berbau khas.

Masker Wajah dari Kopi
Bila pada sebelumnya ampas kopi dapat dibuat berbaga macam produk kulit, kopi juga dapat dibuat sebagai masker wajah alami yang dapat membersihkan dan melembutkan kulit.. manfaat lainnya yan didapat adalah bau kopi yang menyengat setelah masker dilepaskan, yang dapat berfungsi sebagai stimuan untuk memberikan semangat dan energy lagi. Berikut adalah cara mencerahkan wajah dengan masker kopi yang bisa kamu buat sendiri di rumah :
Bahan Masker Wajah Kopi :
v  3 sendok makan ampas kopi
v  Satu gelas susu sapi murni
Cara Pembuatan :
1.     Masukkan ampas kopi ke dalam mangkok dan masukkan susu.
2.    Aduk sampai bahan tercampur rata. Jangan membuat bahan terlalu encer atau adonan akan meler dan berantakan saat dipakai. Jika campuran terlalu berair, tambahkan sediit kopi kedalamnya.
3.    Bila sudah siap, oleskan campuran ke wajah dan leher dan ratakan di seluruh ajah kecuali mata dan ibir.
4.    Pijat perlahan kulit dan iarkan selama 20 menit.
5.    Basuh dengan air dan dengan perlahan pijat campuran kopi pada kulit. Ini bertindak sebagai pengelupas, namun jangan terlalu keras bila kamu memiliki kulit sensitive.
6.    Keringkan wajah dan gunakan pelembabsaat kulit masih lembab untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak hilang.
Khasiat kopi untuk kulit dan kecantikan memang sudah terbukti. Nah, apakah kamu berani mencoba? Ingat, untuk tidak menggosok kulit terlalu keras denga biji kopi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar